Buku Sekolah Elektronik

Buku pelajaran sekolah, seperti awal tahun ajaran baru ini, merupakan salah satu hal yang termasuk memberatkan keuangan orang tua, karena alokasi dana untuk pembelian buku menyedot ratusan ribu rupiah. maka bila ditotal mulai dari perlengkapan sekolah (tas baru, sepatu baru,sepeda baru, seragam baru, sepatu baru), buku-buku, spp, daftar ulang dlll sangat mungkin biaya yang dibayarkan untuk sekolah ini, terutama disekolah ternetntu bisa mencapai jutaan.

Khusus buku saja, seperti disebutkan di atas yang dapat mencapai hitungan jutaan, maka untuk meringankan beban biaya pembelian buku, mendiknas mulai melakukan peraturan tentang penjualan buku oleh pihak sekolah (kepala sekolah, guru, koperasi sekolah), bahkan bagi pihak-pihak tadi dilarang menjual buku pelajaran, kebijakan ini sangat terasa sekali bagi sekolah-sekolah negri. Sebagai gantinya pemerintah mulai meluncurkan buku gratis. Miskipun sebenarnya model buku gratis ini sudah pernah dilaksanakan dengan adanya bantuan buku-buku ke sekolah, yang bahkan karena suatu hal pengadaan buku-buku bantuan/proyek ini menyeret beberapa pejabat sebagai tersangka kasus korupsi.

adapun buku yang disediakan depdiknas sekarang berupa buku elektronik yang dapat didonwload disini :http://bse4.depdiknas.go.id/

tetapi baru beberapa buku saja yang disediakan. Untuk SD/MI, SMP/MTs sudah banyak tetapi untuk SMA/MA/SMK tampaknya baru beberapa judul buku. Rata-rata baru bahasa indonesia yang bahkan mencapai beberapa judul.

4 Responses to “Buku Sekolah Elektronik”

  1. hasty monastali Says:

    EMANG DASARR!(kayak lagu wali yang dikontroversy sama kpi)pemerintah banyak speaknya doang!uku elektronik gak pernah diaktifin

  2. manseram Says:

    KLO BISA DISERTAKAN JUGA STANDAR ISI PADA MATA PELAJARAN SKI MISALNYA

  3. Fisika Says:

    majukan pendidikan di indonesia, supaya indonesia menjadi negara yang maju.

  4. suparman Says:

    dalam sistem PAIKEM, Saya sangat membutuhkan buku electronik (BE), jika dapat saya memiliki demi kecerdasan rakyat.terima kasih diknas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: